Cara Mudah Remote Akses Router Mikrotik

Cara Mudah Remote Akses Router Mikrotik

Cara Mudah Remote Akses Router mikrotik yang masih settingan pabrik atau default. Di dalam setingan default memiliki konfigurasi ip address 192.168.88.1 pada Interface Ethernat 1. Untuk Login menggunakan User = admin dan Password = kosongkan. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengakses routerboard mikrotik, yaitu bisa menggunakan Winbox, Telnet, SSH, Webfig, Ke empat ini adalah cara yang bisa digunakan untuk mengakses mikrotik. Kita juga bisa mengakses mikrotik dengan menggunakan android dengan download aplikasi Tik-App yang bisa didownload di play store.

Subscribe

Cara Akses Mikrotik Melalui Winbox

Pada saat ini kita akan coba mengakses mikrotik dengan menggunakan Winbox. Winbox adalah sebuah aplikasi yang di luncurkan resmi oleh mikrotik,winbox adalah sebuah utility yang digunakan untuk melakukan remote ke Device mikrotik kita dalam mode GUI (Graphical User Interface), GUI adalah tampilan pada sistem operasi yang menggunakan tampilan secara grafis atau terdapat tampilan gambar, dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input. Jadi cara paling untuk mudah meng-akses mikrotik adalah menggunakan Winbox, karna winbox merupakan sebuah aplikasi jadi kita hanya tinggal meng-Klik Klik saja. Jika yang Belum Memiliki winbox Kita bisa mendownloadnya Di www.mikrotik.com.
Berikut langkah-langkah mengakses router mikrotik dengan Winbox:

  • Buka aplikasi winbox

Mudah Remote Akses Router
Untuk mengakses mikrotik dengan winbox dapat mengakses dengan IP address dan MAC Address.

  • Kita klik Neightbors kemudian Klik Refresh
  • Kita pilih akan menggunakan ip address/mac address untuk mengakses mikrotik

Disini saya menggunakan mac address untuk mengakses mikrotik, user loginnya kita isikan dengan konfigurasi default.

  • Login       : admin
  • Password: kosongkan

Kemudian klik Connect, lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Mudah Remote Akses Router
Setlah masuk ke mikrotik baru kita bisa mengkonfigurasi perangkat mikrotik kita.

Cara Akses  Mikrotik Melalui Webfig

WebFig merupakan sebuah tools untuk konfigurasi Mikrotik Router melalui Web browser. WebFig bisa dikoneksikan langsung dari router dan tanpa perlu software atau aplikasi tambahan [kecuali browser]. Akses ini  sendiri mempunyai sifat independent atau berdiri sendiri. Dengan Demikian memungkinkan Web Fig dapat mengkonfigurasi router tersebut langsung menggunakan beragam mobile device tanpa membutuhkan software yang spesific. WebFig di buat sedemikian rupa sebagai akses pengganti WinBox, dengan kemampuan akses berbagai fitur router yang sama dengan menggunakan WinBox.

WebFig dapat dijalankan dari homepage Browser yang dapat diakses dengan cara memasukan IP Address router yang di URL pada browser. Kita Lanjut Ke lab nya di sini saya menggunakan Chrome.

  • Langkah Pertama Kita Buka Chrome nya:
  • Lalu ditempat url kita isikan ip address router kita (192.168.88.1)
  • Kemudian isikan dengan User: admin dan Password: Kosongkan. Lalu klik Login

Mudah Remote Akses Router
Setelah Klik Login tampilan webfig akan berubah seperti ini:

Mudah Remote Akses Router

Setalah masuk ke menu mikrotik, kita dapat mengkonfigurasi router sesuai dengan keinginan kita. Tampilan webfig hampir sama dengan winbox.

Cara Akses Mikrotik Melalui Telnet

Telnet merupakan tools remote login yang terjadi pada jaringan internet disebabkan karena adanya service dari protocol Telnet. Dengan adanya Telnet dapatmemungkinkan pengguna dapat mengakses Route MikrotTik secara remote melalui jaringan internet, telnet menggunakan protocol Transmission Control Protocol (TCP) Port nya23.
Oke langsung kita praktekkan saja, pertama kita aktifkan dahulu fitur telnet yang ada pada komputer/laptop kita.

  • Klik Menu Star

Remote Akses Router Mikrotik

  • Kemudian masukkan kata “ Turn Windows features on or off”
  • Klik menu tersebut
  • Lalu cari fitur “ telnet client”

Remote Akses Router Mikrotik

  • Lalu Klik Ceklis

Setalah telnet sudak diaktifkan, langkah selanjutnya Kita Buka Command Prompt Lalu kita masukan Perintah=telnet 192.168.88.1 (IP RouterDefault) Lalu tekan Enter

Remote Akses Router Mikrotik
Setelah tekan enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Remote Akses Router Mikrotik

User Login kita isikan= Login=admin Password= (kosong) <- (default) Setelah masuk Ke CLI (Command Line Interface) Mikrotik kalian bisa mengonfig nya sesuai kebutuhan kalian.

Cara Akses Mikrotik Melalui SSH

SSH adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman,Fungsi SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin,ftp,dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data padasuatu jaringan. SSH Menggunakan Protocol TCP Port nya 22 pada config ini saya menggunakan aplikasi putty yang biasa untuk SSH. Oke berikut langkahnya:

  • Pertama Buka Aplikasi Putty

Remote Akses Router Mikrotik

  • Host/Host Name (IPAddress) kita isi dengan192.168.88.1 (IP router Default) Dan Port kita isi dengan 22 karna port SSH adalah 22.
  • Lalu Kita klik Open
  • Jika Menggukan putty,user loginnya muncul ketika kita telah Klik Open
  • Setelah Itu masukkan user admin
  • Kemudian tekan enter, maka akan muncul tempilan seperti dibawah ini:

Remote Akses Router Mikrotik
Jika Kita sudah Masuk tampilan nya akan sama seperti Telnet karna telnet dan SSH menggukan CLI (Command Line Interface). Setelah Itu Kita bisa mengonfig sesuai Kebutuhan kita.

Demikian tadi pembahasan singkat Cara Mudah Akses Router Mikrotik, semoga bermanfaat ubtuk kalian semua.