Pengertian Shut Down, Restart, Switch User dan Sleep

Pasti kalian sering sekali dalam menggunakan sebuah kompuer atau laptop anda mengalami kondisi dimana kalian mematikan ataupun menghidupkan ulang komputer anda. Dalam istilah lain hal tersebut biasa dikenal dengan Shut Down, Restart kemuadian ada juga Sleep dan Switch User.

Shut Down, Restart, Switch User dan Sleep biasanya digunakan dalam sistem operasi pada windows, seperti windows 7, 8, ataupun pada windows 10. Pada sistem operasi linux pun dalam mode GUI terdapat juga istilah seperti itu.

Nahhh sobat mari kita kenali lebih jauh apa itu yang dimaksud dengan Shut Down, Restart, Switch User dan Sleep, mari ikuti penjelasan tersebut di bawah ini :

Pengertian Shut Down

Shut Down, merupakan kondisi dimana komputer dalam kondisi mati, jadi ketikan memilih menut shut down maka komputer anda secara otomatis akan mati.

Pada sistem operasi windows untuk mematikan komputer ini dapat menggunakan start menu dan pada bagian bawah tertulis shut down, seperti gambar dibawah ini.

Shut Down Restart Sleep

Jika kalian klik shut down tersebut maka komputer akan menutup semua aplikasi yang berjalan, apabila ada aplikasi yang mengalami perubahan proses shut down ini akan berhenti dan menunggu konfirmasi permintaan penyimpanan.

Apakah sobat tahu selain menggunakan start menu kalian juga bisa menggunakan tombol kombinasi untuk mematikan komputer. Cara nya silahkan tekan tombol ALT + F4 pada keyboard kemudian pilih shut down. Seperti gambar dibawah ini:

Shut Down Restart Sleep

Pengertian Restart

Restart, merupakan kondisi dimana sebuah komputer yang sedang digunakan akan dimatikan dan kemudian akan dinyalakan kembali oleh sistem komputer. Apabila kita melakukan instalasi sebuah aplikasi ataupun membuang aplikasi, maka sistem operasi selalu meminta untuk Restart.

Sudahkan kalian tahu apa fungsi restart ? Restart dilakukan supaya sistem operasi dapat langsung menyimpan dan langsung mengalami perubahan yang telaha dilakukan sebelum restart.

Cara melakukan restart ini sama saja dengan melakukan shut down yaitu dengan melalui start menu kemudian pilih restart, seperti gambar dibawah ini :

Restart

Selain menggunakan start menu kalian juga bisa menggunakan tombol kombinasi untuk restart komputer. Cara nya silahkan tekan tombol ALT + F4 pada keyboard kemdian pilih restart. Seperti gambar dibawah ini:

Shut Down Restart Sleep

Pengertian Switch User

Switch User, merupakan cara yang dilakukan untuk melakukan pergantian pengguna terhadap sistem komputer tersebut. Untuk melakukan switch user adalah dengan klik pada start menu kemudian pilih panah samping shut down kemudian klik switch user, biasanya cara ini dilakukan untuk windows 7.

Sistem operasi memiliki kelebihan dengan bisa digunakan oleh banyak user atau biasa dikenal dengan multiuser. Sehingga untuk pergantian pengguna dapat dilakukan dengan cara switch user.

Pada windows 10 switch user dapat dilakukan dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard ALT + F4 kemudian pilih Switch User. Seperti gambar dibawah ini

Shut Down Restart Sleep

Pengertian Sleep

Sleep, merupakan kondisi dimana komputer masih dalam keadaan hidup tetapi demi menghemat penggunaan daya listrik. Jika komputer tidak digunakan dan tidak ingin dimatikan dapat menggunakan pilihan sleep.

Pada saat komputer sleep ingin dinyalakan lagi akan lebih cepat dari pada menyalakan dari awal. Untuk melakukan sleep ini dapat dilakukan dengan cara klik pada start menu kemudian pilih sleep. Seperti gambar dibawah ini :

Tampilan Cara Sleep
Tampilan Cara Sleep

Pada windows 10 Sleep dapat dilakukan dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard ALT + F4 kemudian pilih Sleep. Seperti gambar dibawah ini

Cara Sleep ALT + F4
Cara Sleep ALT + F4

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang Shut Down, Restart, Switch User dan Sleep, semoga apa yang kami Tulis ini dapat bermanfaat untuk anda semua. SALAM BACA