Bilangan Pangkat dan Bilangan Bentuk Akar

Hello, Sahabat kembali lagi bersama kami yang akan membahas ilmu yang pastinya bermanfaat bagi kalian. Kali ini kami akan sedikit membahas tentang Bilangan Pangkat dan Bilangan Bentuk Akar pada jenjang SMK kelas X untuk jurusan apapun.

Matematika adalah ilmu yang sering kali kita tak sadari sangat bermanfaat bagi kita tertuma bagi para ilmuwan-ilmuwan. Salah satunya tentang bilangan pangkat dan bilangan akar, tentunya salah satu dari kalian sudah pernah mendengar dan pernah sedikit mempelajari tentang materi itu di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau bahkan apakah ada yang belum pernah mengetahuinya?? So, untuk itu mari kita mempelajari lebih lanjut materi ini, membaca, menyalin serta ikut memperhatikan setiap materinya…..

a. Bilangan Pangkat

Pemangkatan suatu bilangan bulat dengan pangkat atau eksponen bilangan bulat positif diperoleh dengan cara perkalian berulang dengan bilangan yang sama.

Untuk sebarang bilangan an dengan n bilangan bulat positif, maka berlaku :

Keterangan :

Bilangan-Pangkat

a  = bilangan basis, n  = bilangan pangkat (eksponen)

Bilangan berpangkat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu bilangan berpangkat sebenarnya dan tak sebenarnya ( pangkat nol dan pangkat negatif)

  • Bilangan berpangkat sebenarnya

Pada bilangan berpangkat sebenarnya disederhanakan dalam bentuk perkalian berulang dengan bilangan yang sama dan bilangan tesebut adalah bilangan bulat positif.

Contoh bilangan  pangkat sebenernya atau bulat positif :

* 55 = 5 x 5 x 5 x 5 = 625

*( -2)6 = ( -2) x ( -2) x ( -2) x ( -2) x ( -2) x ( -2) = 24

  • Bilangan berpangkat nol

Untuk sebarang bilangan bulat a dengan a ≠0, maka berlaku :

Berpangkat-Nol

Contoh bilangan pangkat nol :

  • Bilangan berpangkat negatif

Dihasilkan dari pembagian antara bilangan berpangkat kecil dengan bilangan berpangkat lebih besar namun bilangan tersebut berbasis sama, sehingga dapat dinyatakan sebagai berikut :

 Bilangan-Berpangkat-Negatif

Contoh bilangan pangkat negatif :

 Contoh-Bilangan-Berpangkat-Negatif

Sifat-Sifat Bilangan Berpangkat

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});