Client Server

Materi Lengkap Jaringan Komputer

Mengulas Materi Lengkap Jaringan Komputer, Apa itu jaringan Komputer? Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga saling berbagi informasi, program-program, penggunaan perangkat keras seperti printer, hardisk dan lain sebagainya. Dua komputer dikatakan saling terkoneksi apabila komputer-komputer tersebut saling bertukar informasi.

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (Personal Computer) yang dihubungkan dengan menggunakan protokol Transmision Transfer Control Protocol (TCP/IP). Selain itu pengertian lain jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang saling berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan, dua komputer atau lebih yagn terhubung. Ketika komputer tergabung dalam jaringan, orang dapat berbagi file dan perangkat keras seperti printer, hardisk, atau CD-ROM Drive.

Berdasarkan kriteria jaringan komputer dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu jaringan komputer lokal, jaringan komputer metropolitan, jaringan komputer skala luas, atau seringa disebut dengan inter jaringan.

Berikut merupakan contoh jaringan komputer paling sederhana :

Materi Lengkap Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tipe Jaringan Komputer

Beberapa manfaat dan tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah sebagai berikut :

1. Berbagi File ( File Sharing )
Berbagi file dalam jaringan lebih fleksibel dibanding menggunakan USB Flasdik atau memory card. Bukan hanya bisa berbagi foto, musik dan dokumen, tapi anda juga dapat backup atau copy semua file data penting ke beda komputer. Backup adalah salah satu tugas yang paling penting dilakukan untuk menjaga file-file penting anda. Atau anda dapat menggunkan backup data online gratis dengan dropbox, 4shared atau google drive sebagai alternatif untuk backup file penting anda.

2. Sharing Printer
Anda tidak perlu membeli printer per komputer dengan menggunakan sebuah jaringan komputer anda dengan udah dapat membuat semua komputer terkoneksi dengan hanya satu printer.

3. Sharing Koneksi Internet
Dengan Menggunakan jaringan, semua orang dapt mengakses koneksi internet secara bersamaan tanpa haru membayar Provider.

4. Bermain Game (Multiplayer Games)
Sudah banyak game yang support dimainkan secara bersama-sama dalam jaringan, anda bisa bermain game bersama-sama.

5. Reliabilitas Tinggi
Dengan jaringan komputer kita mendapkan realibilitas tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif.

TIPE JARINGAN KOMPUTER

Jaringan ini sangat berkaitan erat dengan posisi host/client yang terkait dalam suatu jaringan, dan fungsi host sebagai pengguna atau penyedia resource/sumber. Tipe jaringan juga memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing dan dilihat dari tingkatan hak akses serta kedudukan komputer dalam jaringan, tipe jaringan dibai menjadi dua yaitu

1. Peer to Peer
Pada jaringan tipe ini semua komputer yang tergabung dalam jaringan mempunyai kedudukan yang sama.
Contoh gambar tipe jaringan peer to peer :

Materi Lengkap Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tipe Jaringan Komputer

2.Client Server
Pada jaringan ini masing-masing kompter yang terhubung pada jaringan mempunya kedudukan dan hak akses yang berbeda.
Contoh gambar tipe jaringan client server :

Materi Lengkap Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tipe Jaringan Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *