Konfigurasi IP Linux Debian 8.7 Lengkap

Nahh kalian baru mengenal sistem operasi linux khususnya debian ? bingung dalam melakukan Konfigurasi IP Linux Debian khusunya versi 8.7. Oke gan mungkin postingan kami dapat membantu anda dalam mencari refrensi untuk mengkonfigurasi IP Address linux debian .

TCP/IP adalah standart komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer yang lain di dalam sebuah jaringan. Protokol tersebut tidaklah dapat berdiri sendiri, karena protokol ini berupa kumpulan protokol.

Pada dasarnya, konfigurasi IP address di linux debian adalah mengedit file yang terdapat di /etc/network/interfaces. Nahhh di dalam file inilah terdapat atribut TCP/IP yang berapa di komputer anda. Bagi kalian yang bisa menggunakan sistem operasi windows tentu saja bingung atau kesulitan mengingat file ini tidak memiliki ekstensi.txt atau pun info yang biasanya terdapat dalam sistem operasi windows File tersebut hanya bernama interfaces tanpa memiliki ekstensi tapi apabila kalian buka software editor seperti nano, gedit, vi, atau pico, maka anda bisa melihat teks-teks didalamnya. Teks itulah yang akan kalian edit untuk melakukan pengalamatan IP address.

Konfigurasi IP Address Linux Debian 8.7

Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mengkonfigurasi pengalamatan IP address pada linux debian, diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk mengkonfigurasi alamat ip address pada linux debian adapun beberapa cara yang dapat kalian lakukan diantaranya dengan menggunakan terminal jika kalian menggunakan mode GUI ataupun secara langsung jika kalian menggunakan mode CLI dalam menginstall linux debian.

2. Silahkan kalian masuk kedalam super user atau root agar kalian mempunyai hak akses untuk melakuakan pengalamatan, jangan lupa isikan passwordnya lalu tekan enter. Jika kalian berhasil masuk maka akan menemui tanda #. Gunakan perintah su kemudian isikan passwordnya lalu tekan enter. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Akses Super User/root Linux Debian

3. Selanjutnya silahkan aktifkan masing-masing ethernet/kartu jaringan/LAN Card, dengan perintah script ifconfig eth0 up tekan enter dan ifconfig eth1 up tekan enter . Seperti gambar dibawah ini :

Aktifkan eth Linux Debian

4. Selanjutnya pastikan anda sudah masuk root, lalu masukkan perintah
nano /etc/network/interfaces. Kemudian ubah atau edit script seperti gambar dibawah ini :

Konfigurasi Ip address Linux Debian

5. Setelah menambahkan pengaturan konfigurasi ethernet eth0 dan eth1 maka untuk menyimpan pengalamatan tersebut dengan menekan Ctrl X dan jawab Y kemudian tekan ENTER.

6. Supaya alamat ip address yang  kita konfigurasi aktif, maka perlu untuk restart ulang service-nya, dengan menggunkan perintah /etc/init.d/networking restart. Seperti gambar berikut:

Restart Konfigurasi Ip Address

7. Langkah selanjutnya masukkan alamat IP address apada komputer client, dimana ip address tersebut harus 1 kelas dengan eth1 server debian kita. Misalkan kita isikan dengan IP Addressnya : 192.168.10.3 dengan Subnet Mask 255.255.255.248 dan Gateway 192.168.10.1. Seperti gambar dibawah :

IP Address Client

8. Setelah komputer client diisikan alamat ip address, selanjutnya cek konektivitas jaringan antara server debian dan client yaitu dengan membuka aplikasi CMD ( Command Prompt ) pada komputer client. Dan lakukan perintah ping 192.168.10.1 kemidian Enter. Jika TTL maka server eth1 dan client sudah terhubung.

MENGAKTIFKAN JARINGAN KE INTERNET

Adapun langkah agar komputer client dan server dapat terhubung ke internet yaitu sebagai berikut:

9. Selajutnya konfigurasi IPv4 dengan menghilangkan tanda pagar (#) pada net.ipv4.ip_forward=1 kita lakukan dengan perintah # nano /etc/sysctl.conf pada gambar berikut :

Konfigurasi IPv4

10. Langkah selanjutnya konfigurasi pada # nano /etc/resolv.conf seperti gambar dibawah :

Konfigurasi Resolv Linux Debian

11. Selanjutnya konfigurasi pada # nano /etc/rc.local dengan menambahkan script “ iptables –t nat –A POSTROUTING –o eth0 –j MASQUERADE ” sebelum exit 0. seperti gambar dibawah :

Konfigurasi IP tables

12. Setelah konfigurasi selesai kita lakukan restart kembali networking dengan perintah # /etc/init.d/networking restart jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah:

Restart Networking

13. Langkah selanjutnya tambahkan DNS (eth1) pada sisi client kita. Seperti gambar berikut :

Tambah Ip DNS eth1

Jika sudah lakukan konektivitas misalnya dengan ping 8.8.8.8 atau pun ping 192.168.10.1 jika keduanya TTL maka client dan sever sudah terhubung ke internet.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Konfigurasi IP Linux Debian 8.7 Lengkap semoga menjadi manfaat untuk kalian semua.