Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Cara Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Selamat datang di website kami pada potingan kali ini kami akan membahas tentang salah satu manfaat yang ada pada Jaringan Local Area Netwok (LAN) yaitu cara Sharing Printer dan data pada Sebuah Jaringan LAN.

Bagi kalian mungkin sudah tidak asing lagi kalimat jaringan LAN dan Sharing Printer ?? Mari kita bahas satu persatu ya guyss.

Pertama saya akan membahas Jaringan Local Area Network LAN, apa itu Jaringan LAN? jaringan ini Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah kantor atau ruang kursus komputer yang berukuran sampai beberapa kilometer saja. Jarak yang dapat dijangkau oleh jaringan LAN sangat kecil kurang lebihnya 10 KM, LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan client dalam kantor, sekolah atau tempat kursus untuk memakai resource secara bersama (misalnya, printer atau pun sharing data ) dan saling bertukar informasi.

Manfaat Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Salah satu manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan jika kita menggunakan jaringan ini yaitu kita dapat melakukan sharing data dan sharing printer. Apakah kalian tahu apa itu sharing Printer dan Data? Sharing Printer merupakan sebuah proses pemakaian perangkat printer yang dilakukan oleh semua komputer client yang tersambung dalam jaringan. Selanjutnya Sharing Data yaitu sebuah proses pertukaran sebuah file (misalkan gambar, video, dokumen dan masih banyak lagi) ataupun folder yang dilakukan oleh semua komputer client yang tersambung dalam jaringan.

Selanjutnya langsung saja kita praktekkan bagaimana cara Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN. Sebelum kita lanjut proses konfigurasi adapun perangkat yang akan kita gunakan untuk proses sharing printer dan data ini yaitu :

  • 1 Buah HUB 5 Port
  • 2 Buah Kabel UTP Tipe Straight
  • 2 Buah Laptop
  • 1 Buah Printer

Berikut Merupakan Toplogi jaringan LAN yang akan kita gunakan untuk melakukan Sharing Printer dan Data :

Topologi Jaringan

Langkah-Langkah Sharing Printer Pada Jaringan LAN

1. Pastikan sebuah perangkat sudah terpang dengan benar sesuai dengan topologi jaringan yang sudah kita gunakan

2. Setting Terlebih dahulu pada PC/Laptop Admin

3. Buka pada Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Seperti gambar dibawah ini :

Setting Network and Sharing Center

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});