Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Cara Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Selamat datang di website kami pada potingan kali ini kami akan membahas tentang salah satu manfaat yang ada pada Jaringan Local Area Netwok (LAN) yaitu cara Sharing Printer dan data pada Sebuah Jaringan LAN.

Bagi kalian mungkin sudah tidak asing lagi kalimat jaringan LAN dan Sharing Printer ?? Mari kita bahas satu persatu ya guyss.

Pertama saya akan membahas Jaringan Local Area Network LAN, apa itu Jaringan LAN? jaringan ini Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah kantor atau ruang kursus komputer yang berukuran sampai beberapa kilometer saja. Jarak yang dapat dijangkau oleh jaringan LAN sangat kecil kurang lebihnya 10 KM, LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan client dalam kantor, sekolah atau tempat kursus untuk memakai resource secara bersama (misalnya, printer atau pun sharing data ) dan saling bertukar informasi.

Manfaat Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Salah satu manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan jika kita menggunakan jaringan ini yaitu kita dapat melakukan sharing data dan sharing printer. Apakah kalian tahu apa itu sharing Printer dan Data? Sharing Printer merupakan sebuah proses pemakaian perangkat printer yang dilakukan oleh semua komputer client yang tersambung dalam jaringan. Selanjutnya Sharing Data yaitu sebuah proses pertukaran sebuah file (misalkan gambar, video, dokumen dan masih banyak lagi) ataupun folder yang dilakukan oleh semua komputer client yang tersambung dalam jaringan.

Selanjutnya langsung saja kita praktekkan bagaimana cara Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN. Sebelum kita lanjut proses konfigurasi adapun perangkat yang akan kita gunakan untuk proses sharing printer dan data ini yaitu :

  • 1 Buah HUB 5 Port
  • 2 Buah Kabel UTP Tipe Straight
  • 2 Buah Laptop
  • 1 Buah Printer

Berikut Merupakan Toplogi jaringan LAN yang akan kita gunakan untuk melakukan Sharing Printer dan Data :

Topologi Jaringan

Langkah-Langkah Sharing Printer Pada Jaringan LAN

1. Pastikan sebuah perangkat sudah terpang dengan benar sesuai dengan topologi jaringan yang sudah kita gunakan

2. Setting Terlebih dahulu pada PC/Laptop Admin

3. Buka pada Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Seperti gambar dibawah ini :

Setting Network and Sharing Center

4. Kita non aktifkan terlebih dahulu windows firewall, dengan cara pilih Control Panel > System and Security > Windows defender Firewall > Turn Windows Defender Firewall On or Off. Seperti gambar dibawah ini:

Setting Firewall

5. Langkah Selanjutnya kita setting pada Change Advanced Sharing Setting, caranya Buka Control Panel>Network and Internet > Network and Sharing Center > pilih Change Advanced Sharing Setting. Seperti gambar dibawah ini :

Advance Sharing Setting

6. Selanjutnya kita setting seperti gambar dibawah ini :

Advance Sharing Setting Private

Advance Sharing Setting Profile

Advance Sharing Setting Profile All Network

Jika semua sudah tersetting seperti diatas jangan lupa klik save changes.

7. Kemudian pastikan perangkat printer sudah terdeteksi pada komputer atau laptop kita. Untuk cek perangkat printernya pilih Control Panel > hardware and Sound > Device and Printers. Seperti gambar dibawah ini :

Device Printer

8. Langkah selanjutnya klik kanan pada printer yang sudah terdeteksi, kemudian pilih Printer Properties > pilih sharing. Seperti gambar dibawah ini :

Printer Sharing Properties

9. Kemudian untuk printer data terkoneksi dengan komputer lainnya Ceklis pada Share This Printer > Apply > Lalu OK. Seperti gambar dibawah ini:

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

10. Setelah selesai proses langkah diatas, langkah selanjutnya isikan alamat IP address pada Komputer/Laptop Admin, Seperti Gambar dibawah ini.

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Langkah-Langkah Sharing Printer Pada Jaringan LAN

11. Langkah selanjutnya kita setting untuk Komputer/Laptop yang kedua. Untuk komputer/laptop yang kedua lakukan hal yang sama pada langkah no 3 sampai langkah no 6. Seperti gambar diatas.

12. Kemudian isikan alamat IP address pada Komputer/Laptop yang kedua, seperti gambar dibawah ini :

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

13. Lakukan uji koneksi jaringan dengan ping dari Komputer Admin ke Komputer Kedua, perintahnya buka Command Prompt, ketikkan ping 192.168.10.2 jika berhasil maka tampilan Seperti gambar dibawah ini :

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

14. Beralih pada Komputer Kedua/ Client Langkah selanjutnya kita cek pada network, apakah Computer Name dari komputer admin terdeteksi. Tekan Tombol Windows + R > ketikkan \\192.168.10.1 (IP komputer admin)

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

15. Jika sudah terdeteksi tampilannya akan seperti dibawah ini :

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

16. Kemudian kita lakukan instalasi printer sharing ke komputer kedua dengan cara klik dua kali pada printer yang sudah terdeteksi, kemudian tunggu hingga proses selesai

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Jika selesai tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

17. Selanjutnya kita coba tes print

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Proses Sharing Printer selesai…..

Langkah-Langkah Sharing Data 

18. Pertama Setting pada Komputer Admin
19. Membuat sebuah folder yg akan kita bagikan pada komputer client, Klik kanan pada Folder yg akan dishare > Properteis > sharing > share, seperti gambar dibawah ini :

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

20. Langkah selanjutnya pilih Everyone > Add > Read/Write lalu Share

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Kemudian muncul tampilan seperti dibawah ini :

Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN

Klik Done
21. Selanjutnya Kita Beralih ke komputer kedua atau komputer client. Kita lihat apakah folder sharing kita sudah tersedeksi atau belum, jika sudah maka tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Cara Sharing

Kita Cek Isi dalam folder tersebut….

Cara Sharing Printer

Proses Sharing Data Selesai.

Demikian pembahasan kami tentang Cara Sharing Printer dan Data Pada Jaringan LAN, kami sarankan agar dibaca dengan seksama dan semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. SALAM BACA