Mencatat Aktifitas Router Mikrotik

Cara Melihat Aktifitas Router Mikrotik | Firewall Logging

Sobat belajar pada postingan artikel kali ini kami akan membagikan untuk kalian semua sebuah cara melihat aktifitas router mikrotik, dimana dalam melakukan pencatatan aktifitas jaringan router mikrotik menggunakan salah satu tools nya yaitu Log atau biasa dikenal juga dengan Firewall Logging.

Nahhh apakah itu firewall loging kita simak penjelasan di bawah ini ya…!!!!!!!!

Cara Melihat Aktifitas Router Mikrotik

Firewall loging adalah fitur yang ada pada firewall yang berfungsi untuk mencatat semua aktifitas jaringan dirouter kita yang akan ditampilkan dimenu log, dengan adanya fitur firewall loging kita dapat lebih mudah memantau aktifitas yang terjadi pada router kita, seperti contoh apabila ada yang ping, telnet, shh, dan lain sebagai nya. Oke sekarang kita akan langsung config.

Konfigurasi Firewall Loging :

Pada konfigurasi kali ini kita akan membuat sebuah rule loging untuk mencatat aktifitas ping pada router kita, jadi setiap kita melakukan ping maka aktifitas ping akan tercatat pada tools log.

  1.  pasang terlebih dahulu IP di router kita (dapat di baca di lab yang sebelum nya)
  2. pasang rule log di IP>firewall>filterrule>add(+)
  3. lalu masukan chain:input, protocol:icmp (icmp merupakan prortocol untuk ping), in.interface=ether2 (port yang terhubung ke PC/laptop kita).

Firewall Chain

4. lalu masuk tab action dengan action=log dan log.prefix=ada yang ping (hanya sekedar contoh).

FIrewall Action Log

Untuk penegecekan kita bisa langsung saja cek dengan ping melalui CMD (command-line) ke IP router kita, dan setelah itu coba kita lihat di menu log apakah tercatat.

Mencatat Aktifitas Router Mikrotik

Dan dalam firewall loging kita tidak hanya bisa membuat log untuk ping saja tetapi kita juga dapat membuat loging untuk ssh, telnet, web fig, bahkan winbox pun bisa tetapi de gan catatan kita harus sesuaikan dengan dst.port dan protocolnya .

seperti contoh webfig degan protocol=tcp dan dst.port=80

Port Log
Protocol dan port:
1. Webfig: tcp 80
2. telnet: tcp 23
3. ping:icmp
4. Winbox: tcp8291
5. ssh :22

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Cara Melihat Aktifitas Router Mikrotik | Firewall Logging,,,nah kunjungi juga video tutorial kami di sini…!!!!!!!!!